Demo Site

belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia

Wednesday, May 27, 2009

Pemasaran dan Bauran Pemasaran

belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia
Pemasaran adalah kegiatan suatu perusahaan untuk memperkenalkan produk yang dihasilkannya melalui promosi dan periklanan, sehingga calon pembeli tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk yang bersangkutan. Bagi seorang pengusaha, pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, untuk berkembang dan untuk memperoleh laba agar bertahan hidup dan sukses.

Beberapa definisi tentang pemasaran yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran:

Menurut Kotler dan Armstrong (2002;9) yang dialihbahasakan oleh Benjamin Molan, mendefinisikan pemasaran sebagai berikut:

“Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”

Sedangkan menurut McCarthy-Perreault (1995;9) yang alih bahasakan oleh Agus Dharma, adalah sebagai berikut:

“Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh organisasi dan juga merupakan proses sosial.”

Dan Boyd, Walker, dan Larreche (1997;4), yang dialibahasakan oleh Imam Nurmawan mengemukakan:

“Pemasaran adalah suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain dan untuk mengembangkan hubungan pertukaran”

Berdasarkan pengertian-pengertian dari para ahli tersebut di atas, pemasaran bukan hanya meliputi kegiatan penjualan saja tetapi mencakup juga kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan usaha produsen memuaskan keinginan konsumen dalam proses pertukaran.


Pengertian Bauran Pemasaran

Penetapan harga jual merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran. Salah satu strategi terpenting dari strategi pemasaran adalah strategi bauran pemasaran.

Jadi bauran pemasaran adalah variabel-variabel pemasaran yang dapat diatur sedemikian rupa, sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan perusahaan.

Definisi bauran pemasaran menurut Kotler dan Armstrong (2001;67) adalah sebagai berikut:

“Marketing Mix is the set of controllable tactical marketing tools - products, price, place and promotion-that the firm blends to produce the response it wants in the target market.”

Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran itu adalah variabel-variabel pemasaran yang terkait satu sama lain yang disusun dan digunakan oleh perusahaan untuk mencapai sasarannya.

1 komentar:

furniture indonesia said...

thanks ya sharingnya

Post a Comment

Silahkan berikan komentar, kritik, saran serta tambahan untuk tulisan diatas....

Related Posts with Thumbnails