Demo Site

belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia

Saturday, March 14, 2009

Perbedaan Akuntansi dan Tata Buku

belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia
Sejak Pertama kali kuliah, Pertanyaan ini sering banget muncul,

Sebenernya Akuntansi Itu apa c?
Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Terus sering di buntutin apa ni pertanyaan,
Bedanya Akuntansi ama tata buku apa c (book keeper)?
Nah..perbedaan yang paling mendasar n menonjol yaitu ada pada kegiatan analisis, book keeper hanya mencatat saja transaksi yg terjadi, sedangkan dalam akuntansi, sang akuntan akan menganalisis dan dari situ dia dapat mengambil keputusan!

Pemakai Informasi Akuntansi dan Manfaatnya
Ada 2 kelompok yg menggunakan informasi keuangan, yaitu pihak eksternal dan pihak internal!
Pihak eksternal atau pihak luar terdiri atas :
  • Investor
Mereka membuthkan informasi untuk membantu menentukan apakah membeli, manahan atau menjual investasi tersebut. Pemegang saham juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar dividen.
  • Karyawan
Karyawan memerlukan informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan disamping kemampuan perusahaan untuk memberikan balas jasa, manfaat pensiun dan kesempatan kerja.
  • Pemberi pinjaman
Pemberi pinjaman tertarik dengan informasi keuangan untuk memutuskan apakah pinjaman dan bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo.
  • Pemasok dan kreditor lainnya
Mereka tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.
  • Pelanggan
Para pelanggan berkepentingan dengan informasi mengenasi kelangsungan hidup perusahaan terutama bila terlibat dalam perjanjian dengan perusahaan.
  • Pemerintah
Mereka membutuhkan informasi untuk mengatur aktifitas perusahaan, menetapkan kebijakan pajak dan sebagai dasar penyusunan statistik.
  • Masyarakat
Masyarakat dapat mengetahui kontribusi perusahaan dalam perekonomian nasional, trend dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktifitasnya.

Sedangkan pihak Internal yaitu pihak yang berada dalam struktur organisasi. Manajemen adalah pihak yang paling membutuhkan laporan akuntansi yang tepat dan akurat untuk mengambil keputusan yang baik dan benar. Contohnya seperti manajer yang melihat posisi keuangan perusahaan untuk memutuskan apakah akan membeli gedung untuk kanntor cabang baru atau tidak.

4 komentar:

Anonymous said...

aduh,trmksh ats blog inie..dgn artikel "prbdaan akntnsi dgn ta2 bku" di ats dgn mdh sy dpt mngrjkn PR akntnsi kls XI mlm" dgn mudah. wkwkwk... GBU~

dinabegum said...

Terima kasih. Saya sedang menerjemahkan buku 'Right-brain Business Plan' dan mencari padanan 'bookkeeper'. Kirain sama dengan akuntan, ternyata beda ya.

Indonesian jobs said...

bermanfaat banget, silahkan kunjungi juga ya blog kami yang menghadirkan informasi lowongan kerja terbaru dan terpercaya di indonesia saat ini.

Universitas Islam Indonesia said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii

Post a Comment

Silahkan berikan komentar, kritik, saran serta tambahan untuk tulisan diatas....

Related Posts with Thumbnails