Demo Site

belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia

Friday, March 13, 2009

AUDITING

belajar bahasa inggris cepat tanpa grammar pertama kali di Indonesia
Oke, setelah kita kemarin membahas tentang Pajak, sekarang kita membahas tentang auditing,
auditing itu apa c?

Auditing adalah proses pengumpulan dan pengevaluasian bahan bukti tentang informasi yang dapat diukur mengenai suatu entitas ekonomi yang dilakukan seseorang yang independen dan kompeten untuk dapat menentukan dan melaporkan kesesuaian informasi dimaksud dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.

Nah, dari definisi itu dapat kita seimpulkan bahwa Auditing meliputi :
  1. Proses yang sistematis, Audit dilakukan secara sistematis dengan tahapan yang terstruktur. Setiap tahapan audit selalu menghasilkan data maupun hasil dalam bentuk analisis untuk diproses dalam tahapan berikutnya. Dengan tahapan seperti ini dan ditunjang dengan ukuran yang jelas dan tepat, maka akan menghasilkan suatu laporan yang baik yaitu laporan yang objektip, seimbang dan dapat dipertanggung-jawabkan.
  2. Pengukuran dengan kriteria yang jelas
  3. Memperoleh, menganalisis dan mengevaluasi bukti
  4. Mengkomunikasikan dan mengkonfirmasikan hasil
  5. Dilakukan oleh orang yang kompeten dan independen

Jenis -Jenis Audit
1. Financial Audit (Audit Keuangan)
  • General Audit, adalah audit keuangan yang bersifat general dengan tujuan untuk menilai kewajaran atas penyajian laporan keuangan. Kewajaran laporan keuangan meliputi : Kepatuhan terhadap Standar akuntansi yang berterima umum (SAK); Laporan keuangan disajikan secara konsisten; tidak ada salah saji material.
  • Special Audit, adalah jenis audit keuangan dengan ruang lingkup yang sangat sempit (khusus), tujuan dari audit ini adalah untuk menilai kebenaran nilai yang disajikan dalam laporan keuangan dan lebih mengarah kepada penilaian terhadap kemungkinan adanya penyelewengan(manipulasi).
2. Management Audit (audit manajemen)
Adalah pemeriksaan terhadap efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan manajemen, yang meliputi semua aspek manajemen mulai dari perencanaan, kegiatan operasional, pengawasan dan pelaporan.

3. Compliance Audit (audit Ketaatan)
Adalah jenis audit yang melakukan penilaian terhadap pelaksanaan (implementasi) dari suatu aturan / kebijakan sebagai tolak ukurnya. Tujuan dari audit ini adalah apakah Auditie (klien) telah mengikuti prosedur atau aturan tertentu yang telah ditetapkan pihak yang memiliki otoritas lebih tinggi.

1 komentar:

Muhammad Nugraha said...

Happy new year 2014

Cheers,
http://tel-u.blogspot.com/

Post a Comment

Silahkan berikan komentar, kritik, saran serta tambahan untuk tulisan diatas....

Related Posts with Thumbnails